Kamis, 18 September 2008

Rp 11,1 Miliar untuk Dinas PU di APBD P 2008

SERANG, TRIBUN - Dinas Pekerjaan Umum mendapatkan anggaran belanja sebesar Rp 11,1 Miliar dalam APBD P 2008. Anggaran sebesar itu sebagian besar akan dipergunakan untuk pemeliharaan jalan dan jembatan serta pembangunan jalan poros desa.

Demikian antara lain hasil pembahasan gabungan Panitia Anggaran legislatif dan eksekutif Pemerintah Kabupaten Serang terhadap Rancangan APBD P 2008 di Bogor pada 14 – 16 September lalu. Rencananya Rancangan APBD P 2008 itu akan disahkan menjadi Peraturan Daerah dalam sebuah rapat paripurna di DPRD Kabupaten Serang hari ini.

Menurut seorang anggota PAL, Najib Hamas, dalam pembahasan sebelumnya Dinas PU sebenarnya hanya mendapatkan alokasi anggaran belanja sebesar Rp 7 Miliar. “Tapi lalu ternyata ada anggaran sisa dari APBD Murni seperti anggaran MTQ Nasional 2008. Akhirnya itu kita sepakat untuk dialokasikan ke Dinas PU,” katanya, Kamis (18/9).

Pengalokasian sisa anggaran dari APBD murni seluruhnya untuk Dinas PU dalam APBD P kali ini, menurut Najib, karena panitia anggaran gabungan melihat kebutuhan akan pemeliharaan jalan dan jembatan serta pembangunan jalan poros desa perlu diprioritaskan.

Ditambahkan Najib, pada APBD P 2008 ini panitia anggaran gabungan juga menyepakati untuk mengalokasikan anggaran bantuan kepada Pemerintah Kota Serang sebesar Rp 21,1 Miliar. Rinciannya , bantuan Pilkada putaran kedua sebesar Rp 1,5 Miliar, bantuan tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) PNS sebesar Rp14,2 Miliar, bantuan kegiatan pemerintahan sebesar Rp 2 Miliar, dan bantuan kegiatan operasional kecamatan sebesar Rp 3,4 Miliar. Menurut Najib , dalam memberikan bantuan kepada Pemkot Serang, Pemkab Serang tidak bisa menganggarkannya secara satu per satu. “Jadi nomenclaturnya pos bantuan ke Pemkot gitu. Totalnya sekian. Adapun itu nanti sama Pemkot mau dipakai apa terserah,” katanya.

Diketahui, selain permintaan bantuan yang sudah dipenuhi Pemkab Serang dalam APBD P tersebut, Pemkot Serang juga sebelumnya berharap Pemkab Serang mau memberikan bantuan dana untuk mengcover kekurangan kuota program Jamkesmas dan bantuan dana kegiatan DPRD Kota Serang.(idm)


Tidak ada komentar: