Senin, 01 September 2008

Arus mudik diprediksi dipenuhi sepeda motor

SERANG, TRIBUN - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Serang sudah menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi arus mudik lebaran kali ini. Strategi tersebut terkait prediksi meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor sebagai alat transportasi mudik lebaran yang akan melewati wilayah Kota Serang.

Kepala Dishubkominfo Kota Serang Hendi Kuspiandi, Senin (1/9), mengatakan strategi yang telah disiapkan oleh pihaknya antara lain adalah berupa akan dibuatnya rest area khusus sepeda motor bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor dari arah Kota Serang menuju arah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. "Terkait lokasinya sendiri memang belum ditentukan. Sekarang kita masih melakukan pengkajian terhadap sejumlah kandidat lokasi itu," ujarnya.

Strategi lainnya, lanjut dia, adalah berupa upaya mengurai kemacetan di lokasi-lokasi yang potensial terjadi kemacetan. Untuk melakukan hal tersebut, Hendi mengaku, pihaknya kini tengah melakukan koordinasi dengan Kepolisian Resor Serang. "Terkait itu, kita sekarang sednag memetakan dulu, mana-mana saja wilayah kita yang rawan kemacetan. Nanti di lokasi itu kita akan buat pos-pos pantauan," imbuhnya.

Disinggung mengenai penetapan kenaikan tarif angkutan umum semasa mudik atau tuslag, Hendi mengaku, hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat. Sementara pihaknya hanya bertindak sebagai pengawas pelaksanaan saja.

Terkait prediksi akan melonjaknya pengguna sepeda motor pada arus mudik kali ini, secara terpisah Kepala Satuan Lalu Lintas Ajun Komisaris Polisi Retno P. Membenarkan hal tersebut. Untuk itu, lanjut Retno, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab pihaknya mengupayakan agar arus mudik lancar dan aman. "Seperti tahun-tahun sebelumnya tentu kita punya strategi-strategin khusus untuk itu. Peningkatan personil, pembuatan pos-pos mudik pasti akan dilakukan. Tapi kita belum bahas itu," paparnya.

Untuk diketahui, data Polres Serang tahun ini menunjukan penambahan jumlah sepeda motor di wilayah hukum Polres Serang mencapai 3.000 perbulannya.(idm)

Tidak ada komentar: