Kamis, 11 September 2008

Pemkab didesak cairkan bantuan MCK Ponpes



SERANG, TRIBUN - Pemerintah Kabupaten Serang diminta untuk segera mengucurkan bantuan pembangunan MCK Pondok Pesantren. Pasalnya, sejumlah Ponpes kini telah melakukan pembangunan MCK tersebut dengan dana yang diperoleh dari cara berhutang.

Ya karena kita tahunya kita bakal dapet bantuan, ya akhirnya kita berinisiatif untuk membangun terlebih dahulu pakai dana utangan. Toh fikiran kita nanti kita bisa bayar itu, setelah dana dari Pemkab cair,” kata Ustadz Hasanudin, pimpinan Ponpes Al Asas, Desa Keserangan, Kecamatan Pontang, Kamis (11/9).

Diambilnya inisiatif untuk melakukan pembangunan MCK mendahului pencairan dana tersebut, kata Hasanudin, mengingat kondisi kesehatan di Ponpes sudah sangat menghawatirkan menjelang segera berakhirnya musim kemarau kali ini. Hasanudin khawatir penyebaran penyakit akan merebak tatkala areal yang biasa dipergunakan untuk buang hajat oleh penghuni Ponpes tersiram air hujan.

Secara terpisah, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Serang Abdul Muhyi, juga mengungkapkan desakan serupa. Menurutnya, tahun ini Pemkab Serang telah menganggarkan bantuan untuk pembangunan MCK Ponpes tersebut sebesar Rp 1,371 Miliar bagi 47 Ponpes yang tersebar di seluruh Kabupaten Serang. Dari anggaran sebesar itu, masing-masing Ponpes akan mendapatkan Rp 26,3 juta sampai 32,5 juta. Mekanisme pemberian bantuan itu sendiri dimulai dengan dilakukannya permohonan oleh masing-masing Ponpes ke Pemkab Serang. Pemkab Serang melalui Dinas Kesehatan akan melakukan proses verifikasi terhadap Ponpes yang telah melakukan pengajuan tersebut.

Program bantuan itu sendiri, kata Muhyi, didasarkan kepada pemikiran dimana Pemkab Serang ingin stigma jorok yang melekat pada Ponpes bisa hilang. “Dulu kan ada pemeo, katanya kalau belum korengan atau menderiat penyakit kulit lainnya itu belum sah mondoknya. Meski stigma itu salah, tapi kenyataannya memang begitu. Ini yang ingin kita hapuskan,” paparnya. Oleh karena itu. Lanjutnya, sejak empat tahun lalu Pemkab Serang tidak pernah alfa mengucurkan anggaran untuk membantu pembangunan MCK tersebut.(idm)


Tidak ada komentar: