Minggu, 31 Agustus 2008

Kuota PNS harus diprioritaskan untuk GBS

SERANG, TRIBUN - Ketua Forum Komunikasi Guru Bantu (FKGB) Provinsi Banten Ujang Jaelani meminta pemerintah kabupaten/kota di Banten untuk lebih banyak mengalokasikan kuota PNS tahun ini bagi para GBS (Guru Bantu Sekolah).
Hal tersebut dilontarkan Ujang menanggapi telah ditetapkannya kuota PNS 2008 untuk Provinsi Banten sebanyak 3.396. Rinciannya Pemerintah Provinsi Banten 194, Kabupaten Serang 538, Kota Serang 497, Kota Cilegon 550, Kabupaten Pandeglang 629, Kabupaten Lebak 473 dan Kota Tangerang 515. Sementara itu Kabupaten Tangerang belum mendapatkan kuota, diduga karena belum melakukan ajuan. Disebutkan kuota itu diperuntukan bagi tenaga honorer atau TKK, sekertaris desa dan umum. GBS sendiri masuk kedalam kategori tenaga honorer.
Ujang menerangkan permintaannya itu didasarkan kepada akan segera habisnya masa berlaku SK (surat keputusan) Menteri Pendidikan tentang pengangkatan para GBS pada akhir tahun ini. Sementara, lanjutnya, perpanjangan SK tersebut juga tidak dimungkinkan mengingat PP Nomor 48/2005 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS mengamanatkan agar pengangkatan tersebut, seluruhnya bisa selesai tahun 2008 ini. "Artinya kan pemerintah nggak mau tahun depan itu masih ada GBS. Maka GBS yang ada harus sudah menjadi PNS semua paling lambat tahun ini. Kalau nggak, apa pemerintah daerah mau mengeluarkan SK pengangkatan GBS? Kalau mau sih mungkin nggak ada masalah," imbuhnya.
Ditambahkan Ujang, saat ini di Banten masih ada sekitar 800 GBS, dengan jumlah terbesar ada di Kabupaten Serang yakni 400 GBS.
Secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Serang Rif'ah Mafhtuti ketika dimintai tanggapannya, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Serang belum melakukan pembagian alokasi kuota PNS 2008. "Mungkin nanti habis lebaran," katanya.
Disinggung mengenai desakan agar GBS diprioritaskan dalam pengangkatan PNS tahun ini, Rif'ah mengaku hal tersebut masih harus dibahas terlebih dahulu. "Ya kita lihat aja nanti," ujarnya pendek.(idm)

Tidak ada komentar: