Kamis, 28 Agustus 2008

36 parpol deklarasi kampanye damai



SERANG, TRIBUN - Dua dari 38 partai politik peserta pemilu 2009 di Provinsi Banten tidak turut menghadiri dan menandatangani deklarasi kampanye damai parpol peserta pemilu 2009 yang diadakan di alun-alun barat Kota Serang, Kamis (28/8). Kedua parpol tersebut adalah PPNUI dan PPIB.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dalam sambutannya pada acara tersebut, meminta KPU Banten untuk segera mengklarifikasi faktor ketidakhadiran kedua parpol itu. "Tentu saja kalau memang tidak ada alasan yang prinsip, semua parpol harus menandatangani deklarasi kampanye damai ini," ujarnya. Pasalnya, menurut Atut, di dalam deklarasi tersebut tercantum komitmen parpol peserta pemilu 2009 untuk menjaga kondusifitas iklim politik di Banten sepanjang masa kampanye, dimana rentan terjadi gesekan. Atut berharap semua parpol bisa menjunjung nilai-nilai sportivitas dan tanggung jawab selama masa kampanye ini. "Silahkan mengambil simpati masyarakat sekuat tenaga, tapi hendaknya dengan cara-cara yang santun dan beretika. Kedepankan rasa tanggung jawab dan memiliki Banten. Jaga agar banten tetap kondusif," paparnya.

Atut juga meminta para kepala daerah di Banten yang menjabat di pucuk pimpinan parpol untuk bisa berlaku mengayomi semua parpol peserta pemilu. "Bupati, Walikota, juga wakil-wakilnya yang menjadi pimpinan parpol supaya bisa membedakan fungsinya saat sedang menjadi kepala daerah dengan saat sedang menjadi pimpinan parpol," ujarnya.

Bagi PNS, Atut juga mengingatkan agar tidak sekali-kali terlibat dalam kampanye parpol tersebut. Jika ada PNS yang kedapatan terlibat dalam kampanye, Atut berjanji akan menjatuhkan sangsi sesuai dengan tingkat keterlibatannya.

Ketika disinggung mengenai apakah dirinya akan menjadi juru kampanye mengingat kapasitasnya sebagai salah satu fungsionaris DPP Partai Golkar, Atut mengaku dirinya masih akan menunggu isyarat dari DPP Partai Golkar.

Sebelum memberikan sambutan, Atut terlebih dahulu didaulat untuk menyaksikan penandatangan deklarasi kampanye damai oleh para pimpinan parpol tingkat Banten tersebut. Usai penandatanganan, Atut menyalami satu-persatu para pimpinan parpol tersebut sembari mengucapkan selamat mengikuti pemilu 2009.

Ketua Pokja Kampanye KPU Banten Nasrullah usai acara kepada wartawan mengatakan, dirinya berharap Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Banten bisa segera bekerja untuk mengawasi pelaksanaan kampanye pemilu 2009 yang sebenarnya sudah dimulai sejak 12 Juli 2008 dan akan berakhir 12 April 2009 mendatang tersebut. "Deklarasi ini kan sifatnya etika saja. Pelaksanaannya aturannya sendiri yang akan mengawasi ya Panwaslu," katanya.

Diketahui, anggota Panwaslu Banten terpilih, hari ini akan dilantik di Jakarta oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mereka adalah Ranthy Pancasasti, H. Taufik, dan Syis Dharnanto.(idm)

Tidak ada komentar: